5 Cara Cerdas Mengatur Uang THR Agar Tidak Sekadar Lewat

Informasi
Kredivo - Promo paylater paling untung bakal ada lagi dalam beberapa hari!  Kamu udah tahu mau beli apa di promo 11.11? Masih ada waktu nih buat  mikir-mikir mau ganti hp, beli sneakers

Berapapun jumlah THR lebaran kamu, jangan digunakan untuk hal yang kurang bermanfaat seperti belanja impulsif kebutuhan fashion, barang elektronik atau barang-barang yang sebenarnya bisa kamu cicil. Cicilan barang online tidak ada salahnya dipilih sebagai alternatif untuk memaksimalkan THR lebaran atau bonus tahunan diposkan di tempat yang seharusnya.

Berikut ini ada beberapa cara cerdas yang bisa digunakan bagaimana caranya mengatur uang THR agar tidak hanya sekedar lewat begitu saja.

1. Bayar Cicilan Barang Online

Jika sudah terbiasa mengatur utang dengan baik, umumnya orang-orang yang pandai mengatur keuangan bisa mengalokasikan gajinya secara tepat. Saat mendapatkan uang lebih seperti THR ataupun bonus tahunan, hal pertama yang perlu dilakukan adalah dengan menyisihkan untuk membayar cicilan barang online.

Memberikan satu jeda cicilan dari penghasilan di luar gaji sudah bisa membantu kamu meringankan beban utang. Sehingga gaji kamu bisa dialokasikan untuk hal lainnya seperti quality time bersama keluarga atau memperbaiki kendaraan operasional harian.

Untuk cicilannya jangan tawar menawar lagi. Pilih fintech yang tepercaya dan berikan bunga paling rendah di antara perusahaan lainnya seperti Kredivo.

Syarat untuk mengajukan Kredivo cukup dengan menyiapkan dokumen berikut; NPWP, KTP, selfie dengan KTP, pendapatan min. Rp3 juta/bulan, & akun e-commerce dengan riwayat transaksi. Jika sudah ada akun Lazada, Tokopedia, Bukalapak dan lainnya, bisa kamu sambungkan saat melakukan pendaftaran Kredivo.

Kredivo memberikan limit pinjaman sampai dengan Rp30 juta. Cicilannya ada yang tanpa bunga sama sekali untuk pilihan tenor 3 bulan. Saya cukup bayar biaya adminnya saja 3% dari harga barang. Yang penting total harga cicilannya minimal Rp500 ribu

2. Sisihkan Untuk Dana Pensiun

Ini juga penting dan kurang diperhatikan oleh para pekerja. Jangan hanya mengandalkan BPJS Ketenagakerjaan karena nilainya tidak terlalu besar. Bangunlah dana pensiun sendiri dengan cara investasi jangka panjang. Sehingga pada waktunya nanti, kamu bisa pensiun tanpa harus bekerja lebih keras lagi. Hanya tinggal menikmati hasil kerja keras kamu di masa tua.

3. Investasikan untuk Kebutuhan Produktif

Investasi jangka pendek pun tetap berpeluang untuk dikembangkan. Misalnya dengan berinvestasi di bidang pertanian atau perkebunan. Jika ada lahan menganggur milik orang tua atau kerabat, tidak ada salahnya untuk digunakan secara produktif. Hasilnya bisa dibagi secara adil sehingga menguntungkan kedua belah pihak. Hitung-hitung sebagai penghasilan tambahan sekaligus melakukan aktivitas lain selain pekerjaan utama.

4. Tambah Lagi Dana Darurat Kamu

 Jangan berpuas diri dengan dana darurat yang bisa mengcover kebutuhan pokok selama 12 bulan ke depan. Tambah lagi cadangan dana darurat kamu hingga bisa mengcover kebutuhan pokok selama 13 bulan ke depan. Siapa yang tidak merasa nyaman bisa hidup setahun lebih disaat tidak ada penghasilan masuk.

5. Jangan Lupakan Kewajiban 

Lebaran lekat dengan rukun Islam keempat dan ketiga. Tunaikan puasa dan zakat bersamaan di bulan Ramadan. Zakat juga memiliki filosofis membersihkan harta yang sebagian diberikan kepada yang membutuhkan. Karena hakikatnya harta yang didapatkan bukan hanya milik pribadi, tetapi juga berhak dimiliki oleh yang membutuhkan seperti kaum miskin, yatim piatu, dhuafa dan lain sebagainya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *