5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Kredit HP

Bisnis dan Keuangan

Menjamurnya layanan kredit hp tanpa uang muka memang menjadi salah satu yang memudahkan. Namun, di sisi lain justru ada yang tidak berpikir panjang sehingga malah menjadikan beban baru dalam mengatur keuangan bulanan.

Supaya cicilan hp tidak memberatkan keuangan bulanan, perhatikan beberapa kesalahan yang kerap dilakukan saat mengajukan kredit hp. Seperti halnya pinjaman, kredit hp harus dilakukan dengan penuh perhitungan, mulai dari kemampuan finansial sampai dengan perhitungan bunga pinjaman.

Jika memang untuk kebutuhan yang mendesak atau kebutuhan produktif, tidak masalah mengambil kredit hp. Selain itu perhatikan kesalahan-kesalahan berikut ya, agar bisa jadi pembelajaran:

1. Tidak menghitung kemampuan finansial

Bagaimanapun kredit hp merupakan utang yang akan membebani keuangan bulanan. Supaya berimbang dengan kebutuhan bulanan, pastikan bahwa cicilan tidak lebih dari kemampuan.

Jumlah ideal cicilan atau utang per bulan, paling tidak jangan lebih dari sepertiga penghasilan. Contoh kecil jika penghasilan Rp3 juta perbulan, maka cicilan perbulan jangan lebih dari Rp1 jt. Simple banget kan cara ngaturnya.

2. Terjebak perusahaan kredit hp ilegal

Nah, ini juga yang jadi biang kerok beberapa korban pinjaman online. Tidak seperti pinjalaman legal yang punya syarat di awal sebagai screening, pinjaman ilegal tidak akan mempedulikan kondisi keuangan calon debiturnya. Selama masih bisa mendatangkan keuntungan, calon debitur akan tetap disetujui permohonannya.

Hati-hati dalam berurusan dengan perusahaan pinjaman online ilegal. Salah-salah bisa dipermainkan dengan bunga tinggi serta risiko kebocoran data pribadi yang dijual kepada pihak ketiga untuk berbagai kepentingan.

3. Membeli karena gengsi bukan fungsi

Selama masih berungsi dengan baik, sebenarnya tidak perlu mengganti handphone. Namun, untuk mendukung kerja maupun kinerja yang lebih baik, tidak ada salahnya untuk mengganti handphone dengan yang lebih mumpuni. Selama masih sesuai dengan kebutuhan serta masuk dengan bujet yang disediakan, tak ada halangan untuk membeli dengan cara kredit.

Yang tidak disarankan adalah membeli handphone terbaru dengan spesifikasi tinggi tetapi hanya sekadar gengsi dan mengikuti tren teman sepergaulan. Ini yang akan bahaya karena jika mengikuti gengsi tidak akan ada habis-habisnya.

4. Tergiur dengan syarat mudah tanpa tahu bunganya 

Jangan mudah tergoda dengan bujukan bunga rendah serta persetujuan yang mudah tanpa melihat besaran bunga, biaya admin serta denda keterlambatan yang ditetapkan. 

Persetujuan antara debitur dan kreditur tetap harus diketahui dan disetujui secara tertulis. Tidak sedikit pinjaman online ilegal yang menyembunyikan informasi tersebut. Sehingga pada akhirnya banyak timbul korban yang harus membayar pinjaman serta bunga yang berlipat-lipat.

5. Tidak membaca kontrak kredit dengan tuntas

Sudah menjadi kebiasaan jika kontrak kredit dibaca secara cepat. Padahal ada poin-poin yang mungkin saya terlewat dan tidak diperhatikan sehingga pada akhirnya justru akan merugikan konsumen.

Kredit hp memang tidak seperti membeli polis asuransi yang harus dibaca detail poin per poin. Namun, demikian konsumen tetap harus tau poin-poin pentingnya agar tidak merasa dirugikan di kemudian hari. 

Poin-poin penting seperti besaran bunga, biaya admin, serta bunga denda jika melakukan keterlambatan seharusnya menjadi informasi yang transparan, terbuka, serta bisa diakses dengan mudah oleh calon debitur.

Nah, sayangnya kadang-kadang informasi tersebut tidak secara lengkap dicantumkan di dalam website. Berbeda dengan Kredivo, salah satu pinjaman online yang juga memiliki fitur kredit hp tanpa uang muka, menginformasikan seluruh poin penting yang perlu diketahui oleh debitur.

Bunga Kredivo boleh dibilang paling rendah diantara perusahaan sejenis. Dengan bunga 2,6% per bulan, sudah berada jauh dibawah standar AFPI yang mematok standar paling tinggi bunga pinjaman online adalah 0,8% per hari.

Kredivo tidak hanya memberikan kemudahan kredit hp secara online. Kini, kamu bisa kredit hp langsung secara offline di beberapa mitra andalan Kredivo seperti Erafone, Electronic City, dan tentu saja beberapa marketplace seperti Tokopedia, Blibli, Bukalapak, hingga belanja secara kredit di Shopee bayar lewat Kredivo. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *