Berikut Ini Pemahaman Seputar IMT (Indeks Massa Tubuh)

Kesehatan
5 Cara Turunkan Berat Badan Tanpa Diet

Indeks massa tubuh merupakan metode untuk menentukan kisaran berat badan ideal dan memprediksi risiko gangguan kesehatan. Cara ini digunakan untuk menentukan berat badan yang sehat berdasarkan berat dan tinggi badan Anda. Angka IMT digunakan untuk menunjukkan apakah kategori berat badan seseorang proporsional. Melalui IMT orang akan mengetahui apakah berat badannya normal atau ideal, overweight atau bahkan underweight.

1.            Tentang Indeks Massa Tubuh

IMT diperoleh dengan membagi berat badan seseorang (dalam kilogram) dengan tinggi badannya (dalam meter). Bagi sebagian orang, nilai IMT mungkin tidak akurat. Nilai IMT atlet yang sedang hamil, binaragawan, atau olahraga intensitas tinggi tidak dapat mencerminkan status kesehatannya saat ini. Artinya, meski IMT mereka lebih tinggi dari biasanya, bukan berarti mereka terlalu gemuk.

2.            Klasifikasi Berat Badan Berdasarkan IMT

Adapun penduduk Asia termasuk Indonesia, kelompok IMT adalah sebagai berikut. Jika IMT seseorang ≥ 25, dia mengalami obesitas. Saat IMT seseorang mencapai 23-24,9, dia digolongkan kelebihan berat badan. IMT normal berada pada kisaran 18,5-22,9. Jika IMT seseorang < 18,5, berarti orang tersebut kekurangan berat badan. Semakin besar IMT seseorang, semakin besar pula tubuhnya. Sebaliknya, semakin rendah IMT, semakin kurus tubuh manusia.

Sayangnya, angka di atas kurang akurat bila diterapkan pada orang dengan gangguan makan (seperti anoreksia nervosa). IMT juga tidak mewakili mereka yang sangat gemuk.

3.            Jangan Terlalu Mengandalkan IMT

IMT memang dapat dijadikan sebagai patokan agar seseorang mengetahui tentang kelainan berat badan. Namun, tidak bijaksana untuk terlalu mengandalkan angka ini. Salah satu kelemahan penghitungan IMT adalah hasil IMT lebih umum, karena tidak mempertimbangkan faktor lain seperti tipe tubuh, usia dan tingkat aktivitas.

4.            Pentingnya Menjaga Berat Badan

Terlepas dari semua kekurangannya, perhitungan IMT yang baik terutama untuk mengingatkan Anda untuk menjaga berat badan. Jika Anda kekurangan berat badan, Anda dapat menggunakan suplemen vitamin untuk menambah berat badan dan memperbaiki pola makan Anda untuk membuat tubuh Anda gemuk. Sebaliknya jika Anda kelebihan berat badan, Anda bisa mencoba kebiasaan makan yang sehat dan lebih banyak berolahraga.

Bagaimana informasi tentang indeks massa tubuh di atas? Semoga memberikan wawasan baru bagi Anda agar dapat hidup sehat. Jika Anda ingin mengetahui berapa IMT Anda, Anda dapat menggunakan kalkulator IMT dengan mengunjungi link https://www.klikdokter.com/pages/kalkulator-IMT.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *