Aplikasi Kredit Kredivo & KreditCepat, Mana yang Paling Oke?

Bisnis dan Keuangan

https://lh6.googleusercontent.com/s7w9KHhLYlYfIl9xCwggn8_kla752q2itegCOnmsERkNAwyCw5u7xfCjihk4yDxhJ4qpU3jOby25ZEaiSeof3i1lroLyun0s3v3uZpNkpvTrQ9isv2FMwdIlbninkICebMx-F4xE

Lagi cari aplikasi kredit yang oke buat pinjaman online tapi bingung harus pilih atau bandingin yang mana dari sekian banyak yang terdaftar di OJK? Hal yang sama kejadian juga sama saya beberapa bulan yang lalu nih. Tapi meski butuhnya cepet, saya masih bisa luangin waktu buat riset beberapa fintech lebih dulu, dua di antaranya yang menurut saya menarik ada Kredivo dan KreditCepat. 

Dengan kelebihannya masing-masing, menurut saya Kredivo dan KreditCepat layak dipertimbangkan oleh kamu yang lagi butuh pinjaman online. Jangan khawatir karena dua-duanya udah terdaftar di OJK. Kamu cuma tinggal pilih aja mau pakai Kredivo atau KreditCepat. Saya saranin sih satu aja, jangan coba-coba pakai beberapa aplikasi fintech sekaligus dalam waktu bersamaan kalau nggak mau keuangan boncos. 

Nah, buat membantu kamu, berikut ini saya paparkan kelebihan dan perbedaan dari masing-masing fintech ini.

Pertama: syarat pengajuan pinjaman Kredivo dan KreditCepat

Yang paling umum dan pertama perlu diperhatikan adalah syarat pengajuan pinjaman di Kredivo dan KreditCepat tentunya berbeda. Di Kredivo, ada tiga syarat yang wajib kamu penuhi sebelum download aplikasi Kredivo lalu daftar akun, yaitu: 

  1. Pendaftar adalah WNI yang berusia minimal 18 tahun dan maksimal 60 tahun. 
  2. Berpenghasilan minimal sebesar Rp 3 juta per bulan. 
  3. Berdomisili atau tinggal di wilayah jangkauan Kredivo yaitu: Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, Palembang, Semarang, Bali, Yogyakarta, Solo, Malang, Makassar, Cirebon, atau Sukabumi. 

Sama halnya dengan Kredivo, KreditCepat juga punya syarat pendaftaran yang harus dipenuhi, yaitu: 

  1. Pendaftar berusia minimal 21 tahun. 
  2. Punya nomor HP yang aktif dan E-KTP yang masih berlaku. 
  3. Punya nomor rekening bank atas nama pribadi untuk transfer dana pinjaman. 
  4. Bekerja dan berdomisili di Indonesia. 

Dari sisi domisili dan cakupan wilayah, KreditCepat lebih unggul dibanding Kredivo yang cakupannya masih terbatas. Namun, dari segi kejelasan syarat pendaftaran, Kredivo lebih unggul sebab tercantum juga besaran minimum penghasilan yang dibutuhkan. Yang ini termasuk krusial ketika kita mau pinjam dana sebab dari jumlah penghasilan inilah kapasitas kita sebagai calon debitur bisa terukur. 

Kedua: suku bunga dan biaya admin pinjaman di Kredivo dan KreditCepat

Di Kredivo, ada dua tipe pinjaman: pinjaman mini dan pinjaman jumbo. Bedanya, pinjaman mini berlaku untuk tempo yang singkat maksimal 30 hari dengan minimum pengajuan pinjaman sebesar Rp 500 ribu. Sementara itu, pinjaman jumbo berlaku untuk tenor 3 bulan atau 6 bulan dengan minimum pengajuan pinjaman sebesar Rp 1 juta ke atas. 

Maksimal limit yang bisa didapat oleh pengguna Kredivo adalah Rp 30 juta. Ketika mendapat limit, limit tersebut akan terbagi-bagi ke dalam beberapa tenor: 30 hari, 3 bulan, 6 bulan, dan 12 bulan. Jumlah limit yang didapat akan berbeda-beda pada setiap pengguna. Yang pasti, kotak limit 6 bulan inilah yang menjadi batas nominal pinjaman maksimal yang bisa kita ajukan di Kredivo. 

Kayak saya contohnya punya limit total 15 juta, yang tersedia buat 6 bulan ada Rp 8 juta. Artinya, saya bisa pinjam dana di Kredivo maksimal sampai Rp 8 juta. Nah, untuk pinjaman mini atau jumbo, Kredivo menerapkan suku bunga yang sama yaitu 2,6% dan potongan biaya administrasi sebesar 6% dari total pinjaman. 

Sementara itu di aplikasi kredit KreditCepat, minimum pengajuan pinjaman berlaku mulai dari Rp 300 ribu sampai Rp 8 juta. Suku bunga atau yang disebut “biaya komisi” oleh KreditCepat adalah 0,8% per hari. Untuk pinjaman pertama, KreditCepat memberikan bunga atau biaya komisi 0% asalkan pengguna membayar tepat waktu atau sebelum tanggal jatuh tempo. Jika terlambat, maka bunga dan biaya admin akan dikenakan seperti semula. 

Tenor atau jangka waktu pinjaman di KreditCepat mulai 5 hari dan maksimal 30 hari untuk pinjaman pertama. Kemudian untuk pinjaman berikutnya berlaku tenor mulai 95 – 12 hari. Dari sisi suku bunga, Kredivo punya bunga yang jauh lebih rendah dibanding KreditCepat. Tapi untuk promo 0% bagi pinjaman pertama di KreditCepat menurut saya ini lumayan menggiurkan. 

Ketiga: kecepatan proses pencairan pinjaman Kredivo dan KreditCepat

Baik Kredivo maupun KreditCepat sama-sama menjanjikan tempo 1 x 24 jam untuk pencairan dana pinjaman setelah disetujui. 

Berhubung saya baru pernah cobain Kredivo end-to-end dari mulai daftar sampai pinjam, saya baru bisa kasih testimoni kalau Kredivo beneran bisa cairin pinjaman dalam waktu cepat sesuai yang dijanjikan. Bahkan, kurang dari 1 hari karena saya ngajuin pinjaman di hari kerja. 

Oh iya, kalau kita udah punya akun Kredivo, buat ngajuin pinjaman langsung klik aja fitur pinjaman mini atau pinjaman jumbo yang ada di aplikasi ya. Nggak perlu daftar atau unggah dokumen lagi. Tinggal isi formulir singkat untuk nominal pinjaman, tujuan pinjaman, tenor yang diinginkan, lalu nomor rekening atas nama pribadi. Pengajuan pinjaman selesai, deh. Nggak sampai 5 menit! 

Jadi kesimpulannya, mana yang paling oke antara Kredivo dan KreditCepat? Buat saya, saat ini Kredivo masih lebih unggul karena saya cukup puas dengan proses & layanannya. Tapi dari info yang saya paparkan di atas, KreditCepat juga layak dicoba karena punya kelebihannya sendiri seperti promo pinjaman pertama dan area jangkauan yang luas. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *