6 Ciri – Ciri Penyakit Tifus

Kesehatan

Setiap penyakit tentunya memiliki ciri atau gejalanya, termasuk penyakit tifus. Lalu apa saja gejala penyakit tifus ini? Oleh karena itu, dalam kesempatan kali ini akan coba memberikan informasi tentang ciri-ciri atau gejala penyakit tifus sebaga berikut ini : 

  1. Nafsu Makan Berkurang

Ciri atau gejala tifus yang pertama adalah nafsu makan akan berkurang. Pada masa penyembuhan, dimana antibodi yang melawan antibakteri serta infeksinya dapat membuat si pengidap tifus akan kehilangan nafsu makannya. Hal ini dikarenakan tubuh mengeluarkan hormon leptin yang membuat nafsu orang pengidap tifus ini tidak suka makan.

  1. Demam Cukup Tinggi

Ciri – ciri tifus selanjutnya adalah demam yang cukup tinggi. Karena memang tifus ini sejatinya adalah demam sehingga wajarnya saha orang pengidap tifus ini akan disertai dengan suhu tubuh yang cukup tinggi. Dalam hal ini, orang penderita penyakit tifus ini dapat menca[ai suhu tubuh sekitar 40 derajat celcius. Gejala tifus ini akan lebih parah lagi menjelang malam hari. 

  1. Keringat Yang Berlebih

Ciri tifus lainnya adalah keluar keringat yang berlebih. Demam yang disebabkan tifus ini bisa membuat orang pengidap penyakit ini berkeringat lebih dari biasanya. Kondisi ini merupakan salah satu cara tubuh untuk menetralisir suhu dan mengeluarkan panas dari tubuh.

  1. Diare dan Sembelit

Dalam hal ini, infeksi Salmonella Typhi cenderung mengakibatkan diare. Akan tetapi, Salmonella Typhi ini sering menyebabkan sembelit daripada diare. Oleh karena itu, bila salah satu kondisi ini selalu muncul maka anda harus berhati-hati karena bisa jadi merupakan salah satu ciri penyakit tipus. 

  1. Dehidrasi

Perlu diketahui bahwa diare yang disebabkan oleh tifus bisa menyebabkan tubuh mengeluarkan banyak cairan. Tentunya hal ini akan membuat tubuh anda kekurangan elektronik serta otot akan terasa lebih lelah. Maka dari itu, pastikan anda selalu mencukupi kebutuhan cairan setiap harinya.

  1. Batuk Bronkitis

Ciri tifus yang terakhir adalah batuk bronkitis. Jika dalam kondisi yang sangat parah, tifus ini bisa menyebabkan batuk bronkitis. Gejala ini juga meliputi sesak nafas dan bengik. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *