7 Alasan Menanam Bibit Kelapa Kopyor Menguntungkan

7 Alasan Menanam Bibit Kelapa Kopyor Menguntungkan

5 Alasan Menanam kelapa kopyor itu menguntungkan

1 Serba Guna

Pohon kelapa mulai dari bawah (akar) hingga ke atas (daun) semua memiliki manfaat. Akar nya bisa dibuat pupuk cocopit, dijadikan minuman herbal kesehatan, batangnya bisa untuk bangunan konstruksi, daunnya bisa digunakan sebagai sapu lidi, tempurungnya bisa untuk kerajinan dan bahan arang bathok kelapa serta buahnya bisa digunakan untuk konsumsi dan bahan baku makanan yang lezat.

2 Harga Yang Stabil

Harga buah kelapa wulung cenderung stabil mengingat ia memiliki daya tahan yang tinggi. Kelapa tidak mudah dimainkan tengkulak karena petani bisa menahannya di saat harga turun. Terlebih di pulau Jawa, harga kelapa cenderung stabil bahkan cenderung naik di moment tertentu seperti jelang Puasa, lebaran, Idul Adha, akhir tahun dan awal tahun. Kelapa Wulung lebih mahal karena digunakan untuk obat, seperti untuk terapi stroke, ibu hamil, keracunan, darah tinggi dan lain lain.

3 Cara Budidaya Mudah

Tanaman kelapa tergolong mudah dibudidayakan di berbagai lahan. Ia mudah beradaptasi di lahan basah maupun kering. Hanya saja pohon kelapa sangat bagus tumbuh di area dataran rendah atau pesisir dengan ketinggian 500 mdpl (diatas permukaan laut). Tinggal menyiapkan lahan atau media tanam yang subur, bibit kelapa yang berkualitas serta pemupukan secara berkala. 

4 Perawatan Murah.

Perawatan pohon tanaman kelapa termasuk murah. Bahkan, bisa tanpa biaya. Yang terpenting asupan air yang cukup. Dan itu gratis apalagi di musim hujan. Setelah penanaman bibit kelapa anda tidak harus mengeluarkan biaya tinggi untuk beli pupuk kimia ini itu. Dengan pupuk organik memanfaatkan barang sekitar anda sudah hemat biaya.  

5. Investasi Jangka Panjang

Budidaya tanaman kelapa unggul seperti pohon tanaman kelapa kopyor, kelapa genjah entok, kelapa wulung, kelapa hibrida dan kelapa pandan wangi merupakan investasi jangka panjang. Anda bisa memetik hasilnya setelah empat tahun mendatang. Namun, tanaman kelapa mampu bertahan hingga usia tiga puluhan tahun. Ia pun bisa berbuah bertahun tahun. Dan bahkan anak cucu anda kemungkinan besar menikmati hasil jerih payah yang anda tanam saat ini. Hemat kata, budidaya kelapa memberikan nilai tambah bagi kelangsungan hidup anda, keluarga, bahkan lingkungan anda.

6. Berbuah Sepanjang Tahun

Sebagaimana pohon kelapa lainya, Pohon kelapa kopyor juga berbuah sepanjang tahun. Ia tidak mengenal musim. Musim kemarau atau pun musim hujan, kelapa tetap berbuah secara terus menerus sehingga bisa dipanen sebulan sekali.

7. Resiko Kegagalan Bertanam Minim

Pohon kelapa kopyor termasuk pohon yang tangguh, tidak mudah mati. Tentu saja asal dirawat dengan baik. Menanam kelapa kopyor sangat baik di musim penghujan, sehingga resiko kematian kecil. Bila di menanam di musim hujan, jenis bibit kelapa kopyor yang kecil maupun dongkelan yang besar tidak jadi masalah. Namun, kalau musim kemarau sebaiknya pilih yang masih kecil sehingga lebih kuat.

Tertarik mencoba menanam kelapa? Kami sedia bibit kelapa kopyor, bibit kelapa genjah entok dan bibit kelapa hibrida. Anda yang berada di area Jogja dan sekitarnya bisa datang ke lokasi kami langsung di Dusun Rajek Lor RT 2 RW 24 Desa Tirtoadi , Kec Mlati Sleman Yogyakarta. Namun, bila anda diluar area Jogja bisa menghubungi kami langsung di WA/SMS 087838393451. Kami siap mengirim pesanan anda melalui ekspedisi terpercaya seperti Indah Cargo, Tam Cargo dan lain sebagainya. Go Green

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *