Solusi Kerontokan Bakal Buah Kelapa Kopyor

Solusi Kerontokan Bakal Buah Kelapa Kopyor
November 5, 2019 No Comments Bibit Kelapa admin

Cara Mengatasi Kerontokan Calon Buah Pada Budidaya Kelapa Kopyor

Kelapa kopyor merupakan salah satu jenis kelapa yang mudah sekali dikenal masyarakat karena rasa buahnya yang segar untuk dijadikan minuman. Cara budidaya kelapa kopyor pun terbilang cukup mudah, seperti tanaman kelapa pada umumnya. Bibit kelapa kopyor bisa di bilang cocok di tanam pada iklim tropis seperti Indonesia.

Bibit kelapa kopyor yang di tanam dan di rawat dengan baik, tentu akan menghasilkan pohon yang sehat. Langkah-langkah pemeliharaan pohon kelapa kopyor yang sudah di tanam adalah memperhatikan penyiraman serta pemupukannya. Usahakan pada satu tahun pertama penanaman sebaiknya bibit kelapa kopyor diberi naungan dan juga penanaman tanaman penutup tanh dapat dilakukan dengan tujuan agar tanah menjadi subur dan terhindar dari tanaman pengganggu.

Budidaya kelapa kopyor relative memerlukan waktu singkat untuk mulai belajar berbuah kurang lebih sekitar 4 tahun. Namun adakala dalam budidaya kelapa kopyor saat awal belajar berbuah , bakal buah yang dihasilakan mengalami kerontokan. Tentu pelaku budidaya kelapa kopyor tidak menginginkan kerontokan buah terjadi terus menerus bukan? Kerontokan bakal buah yang di biarkan terus-menerus akan mempengaruhi jumlah buah yang dihasilkan saat dewasa nanti.

Maka dari itu perlu penanganan khusus agar budidaya kelapa kopyor yang sudah mulai menghasilkan bakal buah tetap di pertahankan agar tidak rontok. Walaupun bisa dibilang bakal buah rontok setelah penyerbukan merupakan hal wajar pada awal musim tanam pertama. Asalkan tidak di sertai dengan daun menguning dan pupus kering. Kerontokan bakal buah dapat di pengaruhi karena kekurangan zat boron dan seng (zink) sehingga harus dilakukan penanganan yang baik.

Berikut langkah yang dapat dilakukan dalam budidaya kelapa kopyor agar tidak mengalami kerontokan calon buah yang berkepanjangan adalah dengan memberikan pupuk NPK (nitrogen , phosphor, kalium). Pengaplikasian pupuk NPK ini dapat ditabur di sekeliling batang, ini memicu pelengketan bakal calon buah kelapa kopyor yang dihasilkan agar tidak mudah rontok. Selain pemberian pupuk, sebaiknya perlu di perhatikan cara budidaya kelapa kopyor pada tahap pertama.

Mulai dari persiapan lahan, langkah ini sangat penting karena tanah merupakan tempat pertumbuhan bibit kelapa kopyor yang akan di tanam. Hampir semua kriteria tanah dapat di tanami bibit kelapa kopyor. Akan tetapi sebaiknya hindari tanah kapur yang keras. Kelapa kopyor dapat tumbuh dengan baik minimal pada 75% pencahayaan sinar matahari. Persiapan pengolahan lahan ini dimaksudkan untuk produktivitas buah kelapa kopyor nanti.

Selain itu pemberian pupuk yang benar juga dapat mempengaruhi hasil buah. Pada tahap awal tidak perlu menggunakan pupuk yang “strong” cukup menggunakan pupuk kandang (kotoran kambing/sapi) yang sudah terfermentasi. Pada saat pohon sudah berumur satu tahun, di perlukan pupuk lanjutan NPK, usahakan setiap pohon memiliki jarak pemupukan

30cm dari pusat pohon.

Perhatikan pula kebutuhan air pada musim kemarau, pohon kecil yang daun nya belum mekar harus di siram sehari sekali untuk memenuhi pasokan air dalam tempurung agar pertumbuhannya bagus. Sebaliknya apabila musim penghujan datang, penyiraman tidak perlu terlalu intens. Hanya perhatikan kebutuhan tanaman, hindari penyiraman yang mengakibatkan tanah berlumpur (becek) tergenang air karena dapat merusak batok kelapanya.

Demikian sedikit urain dari kami “vista Agro Media” semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada artikel berikutnya. Apabila anda sedang membutuhkan bibit kelapa kopyor siap tanam, kami menyediakan bibit kelapa kopyor unggul, silahkan menghubungi kami di : 087838393451

About The Author

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *