Bagaimana Ciri ciri Bibit Tanaman Vanili?

Ciri ciri tanaman vanili

Vanili dalam lima tahun terakhir menjadi perbincangan hangat di kalangan para petani. Vanili adalah salah satu tanaman yang sefamili dengan tanaman anggrek (Orchidaceae), yang merambat pada pohon pohon penopang dengan bantuan akar lekat. Bibit vanili bila dibiarkan tumbuh terus, ia dapat mencapat ukuran hingga 100 meter. Waw, tinggi amat bukan? Mengalahkan tanaman kelapa.

bibit vanili

BIBIT VANILI

Membutuhkan  naungan

Tanaman vanili membutuhkan naungan. Di daerah asalnya, Meksiko, vanili semula tumbuh liar di pinggir pinggir hutan, di bawah naungan pohon pohon. Hal ini menunjukkan bahwa vanili tidak menghendaki naungan yang sangat lebat. Ia membutuhkan kadar sinar matahari 40-60 persen. Itulah sebabnya, perlu dibuatkan naungan, bisa mengunakan paranet, ataupun di tanam di bawah pohon pohon yang rindang, seperti di daerah pegunungan.

Daun Tunggal

Pohon vanili termasuk tanaman dengan kategori daun tunggal. Letaknya berselang seling pada masing masing buku. Warnanya hijau terang, dengan kepanjangan 10-25 cm serta lebar 5-7 cm. bentuk daun pipih, sukulen(berdaging), bulat telur, jorong atau lanset dengan ujung lancip. Tulang daunnya sejajar. Tulang daun itu tampak setelah daun tersebut tua atau mengering, sedangkan pada waktu daun masih muda tidak jelas kelihatan.

bibit vanili

BIBIT VANILI

Bunga Tandan

Rangkaian Bunga vanili adalah bunga tandan yang terdiri dari 15-20 bunga. Bunga keluar dari ketiak daun bagian pucuk batang. Bentuk bunganya duduk, berwarna hijau biru agak pucat, panjang 4-8 cm berbau agak harum.  Bunga vanili terdiri dari 6 daun bunga (3 sepal, 3 petal) yang terletak dalam dua lingkaran. Daun bunga bagian luar (sepal) sedikit lebih besar daripada bagian dalam (petal). Satu dari petalnya berubah bentuk, menggulung seperti corong, disebut bibir (rostellum). Pangkalnya berlekatan dengan poros bunga, tempat alat alat kelamin.

Pembuahan Vanili

Saat yang pagi adalah saat yang tepat untuk mengawinkan bunga vanili. Hari hari yang basah dan kering sekali tidak baik untuk penyerbukan. Penyerbukan buatan pada prinsipnya adalah meletakkan dua buah tepung sari di kepala putik yang lengket. Bibir (rostellum) diangkat, kemudian tepung sari di tekan perlahan lahan ke kepala putik.

Tertarik Menanam Bibit Vanili? Hubungi vista agromedia menjual bibit vanili dengan berbagai ukuran. WA 087838393451

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *