Tips Sukses Budidaya Sengon

Kita Sukses Budidaya Bibit Sengon

Bibit Sengon,- Untuk Anda yang berniat untuk budidaya bibit sengon, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan supaya pohon sengon bisa tumbuh subur. Mulai penyiraman, pemupukan, hingga pengaturan sinar matahari. Tiga aspek dasar itu jika diperhatikan dengan baik akan sangat menunjang pertumbuhan bibit sengon. Untuk itu sebaiknya Anda ketahui beberapa detail berikut ini.

Intensitas Penyiraman Bibit Sengon

Hal utama yang perlu Anda perhatikan adalah intensitas penyiraman bibit sengon. Bibit sengon adalah adalah jenis tanaman yang mesti mendapatkan asupan air yang cukup, meskipun tidak terlalu tinggi mengingat sifat utama yanaman ini adalah tanaman tropis. Untuk penyiraman bibit sengon yang direkomendasikan adalah satu kali setiap hari dengan ukuran satu liter air saja. Intensitas ini sangat penting untuk menjaga bibit sengon memperoleh asupan air yang cukup dan tidak berlebihan.

Pemupukan Secara Berkala

Memberi pupuk secara berkala adalah salah satu kunci untuk menunjang pertumbuhan bibit sengon agar maksimal. Bibit sengon senantiasa bisa hidup mandiri jika mendapat air dan sinar matahari yang cukup. Meskipun begitu, hasil yang lebih maksimal akan didapat jika pemupukan diberikan kepada bibit secara berkala. Bibit yang disarankan untuk diberikan kepada bibit sengon adalah pupuk buatan. Pupuk buatan atau NPK diberikan untuk menunjang vegetasi bibit sengon. Yakni merangsang pertumbuhan daun supaya cepat lebat dan subur. Pertumbuhan daun tentu saja akan membantu bibit sengon bisa memproduksi lebih banyak makanan dalam proses fotosintesis. Intensitas yag dianjurkan dalam pemupukan ini hanya sekali dalam satu bulan. Kadar tersebut telah cukup ideal untuk menopang pertumbuhan bibit sengon Anda.

Penyiangan Lingkungan yang Kontinyu

Proses menyiangi adalah salah satu elemen utama untuk menjaga bibit sengon tumbuh tanpa diganggu oleh tanaman lain. Sasaran utama penyiangan adalah rumput dan gulma yang ada di sekitar bibit. Rumput dan gulma ini berpotensi besar mengganggu pertumbuhan bibit sengon karena merebut unsur hara yang ada di tanah yang seharusnya bisa diserap oleh bibit sengon secara maksimal.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *